SERTIFIKASI SMK3 – PROSES DAN TATA CARA UNTUK PERUSAHAAN DAN KONTRAKTOR

SERTIFIKASI SMK3 – PROSES DAN TATA CARA UNTUK PERUSAHAAN DAN KONTRAKTOR

Proses Sertifikasi Smk3  Oleh  Perusahaan

Untuk proses sertifikasi SMK3, sebuah perusahaan diharuskan melakukan tahapan tahapan sebagai berikut, yaitu: Sebuah Perusahaan mengajukan proposal surat permohonan Audit SMK3 yang ditujukan kepada Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI (denga syaratperusahaan  sudah siap untuk dilakukan audit SMK3) dengan alamat Jl. Jend. Gatot Subroto No 51 Jakarta.

Dalam surat diberikan tembusan (cc) kepada Disnaker dimana perusahaan berlokasi dan kepada Lembaga sertifikasi SMK3 yang terkait.

Selanjutnya sebuah Lembaga sertifikasi SMK3 akan memberikan surat jawaban tentang kapan jadwal audit SMK3 akan dilaksakan sebagai dasar jawaban dari permintaan perusahaan.

 

Baca juga : Pelatihan K3 Umum

 

Perusahaan tersebut yang mengajukan audit SMK3 diwajibkan mempunyai semua dokumen sistem K3 yang meliputi Pedoman K3. Prosedur, Instruksi Kerja, Formulir.(seperti pada saat akan menerapkan 9001/14000/18001,dll)

Apabila sebuah perusahaan sudah pernah menerapkan OHSAH 180001:2007, maka perusahaan tersebut tinggal menambahkan referensi silang / matrik antara OHSAS dengan PP No. 50 Tahun 2012 pada pedoman mutu, menambahkan referensi PP No. 50 Tahun 2012 untuk semua Prosedur. SMK3 Permenaker 05/1996  dan OHSAS memiliki kesamaan hingga 90%.

Pemenuhan aspek legal Terhadap proses SMK3

Melalui pembentukan P2K3 yang harus disahkan oleh Disnaker tempat perusahaan berada, pemeriksaan kesehatan karyawan, sertifikasi alat produksi, internal audit SMK3, identifikasi resiko, rapat manajemen dll.

Proses dalam Penerbitan Sertifikat SMK3

Sebuah lembaga sertifikasi SMK3 hanya akan mengeluarkan sebuah laporan dari hasil audit serta rekomendasi pencapaian hasil audit oleh perusahaan sebagai dasar penerbitan sebuah sertifikat.

Sertifikat SMK3 diterbitkan oleh Depnakertrans RI dan ditandatangai oleh Menteri Menakertrans RI dan berlaku selama 3 tahun.

Surveillance SMK3 bersifat optional (pilihan)apabila perusahaan membutuhkan hal tersebut.

 

Baca Juga : Riksa Uji Alat

 

Sertifikat akan diserahkan dalam sebuah acara seremonial kenegaraan (dengan Presiden atau Wapres, atau minimal Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI).

Surat keterangan akan diterbitkan oleh Depnakertrans RI atas permintaan dari perusahaan sebagai kebutuhan bisnis/lelang/tender, selama masa tunggu sertifikat diterbitkan oleh Depnakertrasn RI.

Bagimana Tahapan tahapan Audit dilaksakanan

Assessment Diagnostics (Pra – Audit)

Hal ini (pra – audit) sifatnya adalah opsional alias pilihan, jadi tidak wajib dilaksanakan. Akan dilakukan sebagai perolehan hasil yang lebih optimal sebelum akhirnya dilakukan audit SMK3 secara final, sehingga perusahaan mempunyai waktu untuk melakukan perbaikan perbaikan atas temuan temuan dari audit yang dilakukan. Hal ini memakan waktu kurang lebih 2 (dua) hari dengan 2 auditor.

Audit Eksternal SMK3 (Final Assessment)

Audit eksternal SMK3 (Final Assessment) akan dilakukan guna mengukur tingkat pencapaian dalam pelaksanaan SMK3 dalam perusahaan. Audit dilaksanakan dalam kurun 3 (tiga) hari dengan 2 Auditor.

 

Pembiayaan Audit SMK3 :

Biaya yang muncul untuk Pra-Audit maupun Audit Eksternal SMK3 akan disampaikan, dengan diawali penyampaian informasi :

  • Jumlah Tenaga Kerja
  • Jumlah lokasi Audit dan Luasannya
  • Ruang Lingkup Kegiatan

 

Laporan Hasil Audit adalah :

Buat level capaian penerapan 0-59% masuk dalam kategori pembinaan.

Buat level capaian penerapan 60-84% diberikan sertifikat dan bendera perak.

Buat level capaian penerapan 85-100% diberikan sertifikat dan bendera emas.

 

Beberapa Persiapan yang harus dilakukan untuk Proses Sertifikasi SMK3

Diawali dengan pembentukan Panitia P2K3 yang mana sebuah tim terdiri dari Ketua(yaitu pimpinan paling tinggi di perusahaan atau tempat kerja), Sekretaris (wajib mempunyai kualifikasi AK3) dan anggota masing-masing perwakilan unit kerja.

 

Artikel Sebelumnya

%d blogger menyukai ini: